Kemampuan ekonomi Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara dalam mendukung pembangunan bandar antariksa

Shinta Rahma Diana (2017) Kemampuan ekonomi Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara dalam mendukung pembangunan bandar antariksa. In: Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa : Hukum, Politik, Sosio-Ekonomi Budaya, Pertahanan, Keamanan. LAPAN, Jakarta, pp. 1-23.

[thumbnail of Buku_Shinta Rahma Diana_KKPA_2017.pdf]
Preview
Text
Buku_Shinta Rahma Diana_KKPA_2017.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Lembaga wajib membangun dan mengoperasikan Bandar Antariksa. Bandar Antariksa adalah kawasan di daratan yang dipergunakan sebagai landasan dan/atau peluncuran Wahana Antariksa yang dilengkapi dengan fasilitas Keamanan dan Keselamatan serta fasilitas penunjang lainnya. Kajian terdahulu mengungkap bahwa ada beberapa lokasi alternatif untuk menjadi bandar antariksa yaitu Pulau Enggano di Kabupaten Bengkulu Utara, Pulau Biak, Morotai dan Nias. Tulisan ini mengukur kemampuan dari aspek ekonomi Pulau Enggano Bengkulu Utara untuk mendukung pembangunan Bandar Antariksa. Metode analisis adalah teori tentang pertumbuhan ekonomi wilayah. Hasilnya adalah kemampuan ekonomi Pulau Enggano jika dilihat dari PDRB layak untuk dapat mendukung dibangunnya Bandar Antariksa, dimana terdapat 7 sektor dari 9 sektor yang ada, yang dapat berpotensi berpengaruh langsung dalam menumbuhkan sektor industri dan jasa.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Bandar Antariksa, Pertumbuhan Ekonomi, PDRB, Industri
Subjects: Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian > Sosioekonomi Penerbangan dan Antariksa
Divisions: LAPAN > Sekretaris Utama LAPAN > Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan Dan Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:11
Last Modified: 20 Oct 2022 04:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item
View Item