Pengembangan Sistem Indikator Bahan Bakar Wahana Kendali RKX-200 TJ

Rahmat Mirza Zulfikar and Islami Galang Ilman and Andreas P. Adi (2019) Pengembangan Sistem Indikator Bahan Bakar Wahana Kendali RKX-200 TJ. Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 104-116.

[thumbnail of Prosiding_Rahmat Mirza_Pustekroket_2019.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Rahmat Mirza_Pustekroket_2019.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Pusat Teknologi Roket LAPAN telah mengembangkan sebuah wahana kendali berkecepatan tinggi bernama RKX 200 TJ dengan enjin berbasis turbo jet dengan gaya dorong sebesar 20 kgf. Adapun pengembangan terus dilakukan pada wahana ini, baik di bidang manufaktur, bidang kendali, dan bidang avionik. Pada karya tulis ilmiah ini akan dibahas pengembangan wahana kendali di bidang avionik dengan tema pembahasan pengembangan indikator bahan bakar wahana kendali RKX 200 TJ. Pengembangan indikator bahan bakar ini dilakukan agar pengguna dapat mengetahui konsumsi bahan bakar yang habis dipakai. Dengan mengetahui konsumsi bahan bakar yang dipakai, dapat direncenakan misi yang akan diterapkan pada wahana kendali RKX 200 TJ, baik lama terbang ataupun jarak tempuh wahana yang akan diterapkan. Pada pengembangan indikator bahan bakar yang pertama ini, digunakan flowmeter sensor sebagai pengindera dari aliran bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju enjin turbo jet. Dipilihnya flowmeter sebagai pengindera disebabkan instrumen tersebut dinilai handal karena tidak terpengaruh terhadap dinamika gerak dari wahana kendali RKX 200 TJ itu sendiri. Metode awal pengembangan yang telah dilakukan adalah menampung bahan bakar kerosin pada sebuah tangki, bahan bakar pada tangki tersebut nanti akan dikuras melalui selang yang tersambungkan pada flowmeter dan dikeluarkan pada sebuah wadah. Konsumsi bahan bakar yang digunakan dihitung dengan mengakumulasikan debit yang tecatat pada flowmeter. Sebagai prosesor untuk menghitung dan mengolah data dari flowmeter digunakanlah Arduino UNO. Setelah dilakukan uji coba, didapatkan keakuratan dari penerapan flowmeter sebagai indikator konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 95.6 %.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-6465-24-5
Uncontrolled Keywords: wahana kendali, indikator bahan bakar, flowmeter.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:24
Last Modified: 18 Jul 2022 08:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item
View Item