Penentuan Training Sampel pada Metode Segmentasi untuk Klasifikasi Sawah dan Non-Sawah Menggunakan Data SPOT-6 (Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan)

Tatik Kartika and I Made Parsa (2017) Penentuan Training Sampel pada Metode Segmentasi untuk Klasifikasi Sawah dan Non-Sawah Menggunakan Data SPOT-6 (Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan). IPB Press, Bogor.

[thumbnail of Bunga Rampai_Tatik Kartika_Bab 2_ Hal.17-33_2017.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_Tatik Kartika_Bab 2_ Hal.17-33_2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penentuan sampel pada metode segmentasi klasifikasi sawah dan non-sawah bertujuan melihat ketelitian hasil klasifikasi berdasarkan cara pengambilan sampel yang berbeda. Klasifikasi sawah dan non-sawah menggunakan metode klasifikasi terawasi sangat bergantung pada pengambilan sampelnya. Dalam penelitian ini akan dibahas nilai parameter segmentasi skala, warna dan kekompakan, serta dua cara pengambilan sampel yang disebut sebagai Cara Pertama dan Cara Kedua. Cara Pertama adalah dengan mengambil training sampel untuk setiap kelas penutup lahan yang ada dalam lokasi penelitian dan Cara Kedua hanya mengambil training sampel sawah bera, sawah vegetatif, dan non-sawah. Hasil kedua cara tersebut diuji terhadap hasil klasifikasi citra secara manual yaitu hasil deliniasi batas penutup lahan yang ada di lokasi penelitian. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Maros di Provinsi Sulawesi Selatan dan data yang digunakan adalah data SPOT-6 tahun 2013. Hasilnya adalah parameter skala, warna, dan kekompakan untuk data SPOT-6 pan sharpen bagi klasifikasi sawah dan non-sawah adalah masing-masing bernilai 100; 0,9; dan 0,5. Akurasi kedua cara pengambilan training sampel dibandingkan dengan data yang diperoleh dari data hasil interpretasi visual tidak berbeda signifikan, di mana ketelitian keseluruhan Cara Pertama adalah 80,22% dan Cara Kedua 79,85%.

Item Type: Other
Additional Information: Judul Buku : Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pertanian dan Kehutanan ISBN: 978-000-000-000-0
Uncontrolled Keywords: sawah, klasifikasi berbasis objek, segmentasi, training sampel, Kabupaten Maros
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh > Pengolahan Data > Klasifikasi
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 16 Oct 2021 01:12
Last Modified: 20 Jul 2022 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item
View Item