Integrasi Antena Penerima Data Satelit Resolusi Rendah di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare

Agus Suprijanto and Nurmajid Setyasaputra and Sutan Takdir Ali Munawar (2016) Integrasi Antena Penerima Data Satelit Resolusi Rendah di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 63-72.

[thumbnail of 1Prosiding_AgusSuprijanto_stasiun bumi Parepare_2016.pdf]
Preview
Text
1Prosiding_AgusSuprijanto_stasiun bumi Parepare_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

METOP A/B dan Fengyun 3A/3B/3C untuk wilayah Indonesia adalah salah satu target dari Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare untuk mendukung pemerintah dalam manajemen sumber daya alam, pemantauan lingkungan, pemantauan titik api, pemantauan efek perubahan iklim, manajemen bencana alam, dll. Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare sedikitnya menerima 30 lintasan dalam sehari dari satelit resolusi tinggi, satelit resolusi menengah dan satelit resolusi rendah. Untuk menghindari terjadinya konflik satelit ( dua atau lebih satelit yang melintas dalam waktu yang hampir bersamaan ) dan untuk tujuan perawatan, Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare melakukan instalasi antena baru untuk menerima data Satelit MODIS (TERRA dan AQUA), NPP, NOAA 18/19, METOP A/B dan Fengyun 3A/3B/3C. Makalah ini menyajikan desain sistem untuk mengintegrasikan antena baru ke dalam sistem yang telah ada untuk menerima data satelit resolusi rendah di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: data, satelit, resolusi, modis, TERRA, AQUA, NPP, NOAA, METOP, Fengyun
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Satelit
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 13:37
Last Modified: 19 Jul 2022 03:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item
View Item