Identifikasi Objek Perairan Dangkal Menggunakan Citra Satelit Worldview-2 di Pulau Tidung Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Kuncoro Teguh Setiawan and Yennie Marini and Gathot Winarso (2015) Identifikasi Objek Perairan Dangkal Menggunakan Citra Satelit Worldview-2 di Pulau Tidung Kepulauan Seribu DKI Jakarta. IPB Press, Bogor.

[thumbnail of Bunga Rampai_Kuncoro Teguh S_Hal.45-60_2015.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_Kuncoro Teguh S_Hal.45-60_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi penginderaan dapat digunakan untuk pemetaan objek padaa aaperairan dangkal. Hal ini berguna untuk kegiatan pemantauan dan pengelolaan ekosistem terumbu karang dan lamun. Pemetaan objek perairan dangkal dilakkan dengan menerapkan metode Lyzenga menggunakan 3 band pada spectrum vixibel data penginderaan jauh. Meskipun dikatagorikan data citra resolusi tinggi,penggunaan citra satelit Worldview-2 merupakan tantangan baru untuk pemetaan perairan dangkal dengan memiliki 6 band terletakpada spectrum visibel dapat terbentuk 20 pasang red green blue (RGB) dari algoritma Lyzenga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kombinasi RGB algoritma Lyzenga yang terbaik untuk klasifikasi habitat perairan dangkal menggunakan citra satelit Worldview-2 di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan band 2,3,4,5,dan 8 dari citra satelit Worldview-2. Metode yang digunakan dengan menentukan kombinasi dari band yang digunamkan untuk proses koreksi kolom air dengan algoritma Lyzenga. Kombinasi band terbaik yang dihasilkan untuk mengidentifikasi sebaaran objek di perairan dangkal adalah kombinasi RGB dariLyzenga pasangan b2-b5, b3-b5 dan b4-b5.

Item Type: Other
Additional Information: Judul Buku : Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Wilayah Pesisir dan Laut ISBN 978-979-493-902-4
Uncontrolled Keywords: Penginderaan jauh Lyzenga, Worldview-2, Pulau Tidung
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:33
Last Modified: 20 Jul 2022 08:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item
View Item