Perubahan Garis Pantai Teluk Lampung Berdasarkan Band Inframerah Citra Satelit Multispektral

Emiyati and Ety Parwati and Syarif Budhiman (2015) Perubahan Garis Pantai Teluk Lampung Berdasarkan Band Inframerah Citra Satelit Multispektral. IPB Press, Bogor.

[thumbnail of Bunga Rampai_Emiyati_Hal.1-17_2015.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_Emiyati_Hal.1-17_2015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perubahan garis pantai adalah perubahan yang terjadi di sepanjang pantai akibat abrasi dan akresi secara kontinu. Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan garis pantai di Teluk Lampung dengan menggunakan band inframerah citra satelit multispektral Landsat 7 ETM+ dan SPOT 4. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis sensitivitas pada band infra merah yang ada untuk mendapat band yang dapat membedakan wilayah daratan dan laut dengan akurasi yang baik. Kemudian dilakukan klasifikasi density slicing sehingga dapat diperoleh garis pantai Teluk Lampung dan dianalisis perubahan garis pantainya. Hasil penelitian menunjukan, pada periode 2002-2012 telah terjadi perubahan garis pantai di Teluk Lampung yang dapat dianalisis menggunakan band inframerah dekat yaitu band 4 dari citra Landsat ETM + dan band 3 dari citra SPOT-4. Perubahan garis pantai di Teluk Lampung yang diperoleh dari hasil analisis adalah abrasi seluas 84,81 ha dan lakresi seluas 25,05 ha. Abrasi yang terjasi sebagian besar di bagian utara dan selatan lokasi penelitian karrena adanya pembangunan tambak dan pelabuhan di Teluk Lampung.

Item Type: Other
Additional Information: Judul Buku : Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Wilayah Pesisir dan Laut ISBN 978-979-493-902-4
Uncontrolled Keywords: Garis pantai, citra multispectral, SPOT 4,Landsat 7 ETM +, band inframerah dan Lampung
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 11 Oct 2021 12:52
Last Modified: 20 Jul 2022 08:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item
View Item