Analisis Citra Satelit Penginderaan Jauh untuk Mengidentifikasi Ruang Terbuka Hijau di Daerah Perkotaan

Nur Febrianti and Kusumaning Ayu DS and Parwati Sofan (2014) Analisis Citra Satelit Penginderaan Jauh untuk Mengidentifikasi Ruang Terbuka Hijau di Daerah Perkotaan. Crespent Press, Bogor.

[thumbnail of Bunga Rampai_Nur Febrianti dkk_Hlm.13-24_2014.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_Nur Febrianti dkk_Hlm.13-24_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan suatu bentuk pemanfaatan lahan pada satu kawasan yang diperuntukan untuk penghijauan, dimana luasnya minimal 30% dari luas kota. Penelitian ini dilakukan untuk nnenganalisis metode dan data citra satelit yang tepat untuk mengidentifikasi ruang terbuka hijau di perkotaan. Data yang digunakan adalah data satelit Landsat 8, ALOS/AVNIR-2, dan SPOT 6. Sedangkan metode yang digunakan adalah klasifikasi lahan dan indeks vegetasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa pemanfaatan citra satelit dengan resolusi spasial yang tinggi sangat diperlukan untuk identifikasi RTH di daerah perkotaan yang mempunyai tingkat keragaman penutupan lahan yang heterogen dan luasan yang sempit. Penentuan luas lokasi ruang terbuka hijau lebih mudah dilakukan dengan menggunakan metode indeks vegetasi daripada metode lainnya. Hal ini dikarenakan penggunaan citra resolusi tinggi dan Indeks vegetasi dapat secara langsung membedakan tanaman dengan bukan tanaman, sehingga tidak terjadi percampuran dengan tutupan lahan lainnya. Kelas tutupan vegetasi dengan metode indeks vegetasi tidak dapat disamakan untuk setiap jenis data. Karena setiap data (Landsat, ALOS, dan SPOT) memiliki kisaran indeks vegetasi yang berbeda.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: data satelite, indeks vegetasi, RTH
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 10 Mar 2021 13:34
Last Modified: 20 Jul 2022 08:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item
View Item