Platform Unmanned Aerial Vehicle untuk Aerial Photography Aeromodelling and Payload Telemetry Research Group (APTRG)

Nurmajid Setyasaputra and Fajar Septian and Riyadhi Fernanda and Suharmin Bahri and Ikhsan Dwi Rahmatio and Burhanuddin Dirgantoro (2014) Platform Unmanned Aerial Vehicle untuk Aerial Photography Aeromodelling and Payload Telemetry Research Group (APTRG). Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014. pp. 98-108.

[thumbnail of Prosiding_Nurmajid Setyasaputra_Pustekdata_2014.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nurmajid Setyasaputra_Pustekdata_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah sebuah wahana terbang tanpa pilot yang penerbangannya dikendalikan baik secara mandiri oleh komputer onboard atau dengan remote control dari pilot di ground segment. Aeromodelling and Payload Telemetry Research Group (APTRG) adalah sebuah research group yang meneliti dan mengaplikasikan riset pada bidang aeromodelling dan payload telemetry yang digunakan untuk sistem monitoring udara mencakup sistem kontrol aero robot dan image vision dengan antarmuka komputer. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah UAV berupa wahana multirotor yang digunakan untuk melakukan pemotretan udara atau aerial photography untuk beberapa aplikasi seperti foto udara bangunan, pemantauan banjir, pemantauan lalu lintas, survey, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu dibuat wahana multirotor sederhana berupa quadcopter yaitu kopter dengan empat baling-baling dengan kontrol kestabilan pada wahana itu sendiri dan payload kamera yang dibawa. Sehingga dihasilkan data gambar yang dapat digunakan untuk monitoring pada beberapa aplikasi dan dapat dilakukan penggabungan gambar dengan sistem waypoint control.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-77-1
Uncontrolled Keywords: UAV, APTRG, Aerial Photography
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:22
Last Modified: 20 Jul 2022 03:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item
View Item