Studi Parametrik Pengaruh Roughness Terhadap Profil Kecepatan Lapisan Batas Pada Simulasi Atmospheric Boundary Layer Di Wind Tunnel

Subagyo (2014) Studi Parametrik Pengaruh Roughness Terhadap Profil Kecepatan Lapisan Batas Pada Simulasi Atmospheric Boundary Layer Di Wind Tunnel. Jurnal Teknologi Dirgantara, 12 (2). pp. 128-139. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Subagyo_BPPT_2014.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Subagyo_BPPT_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh kekuatan angin yang bekerja pada gedung tinggi sangat penting untuk dipahami berkaitan dengan desain dan analisis bangunan tinggi. Hal ini diperlukan agar bangunan yang dirancang dapat memenuhi kriteria aman. Pengaruh angin dalam hal ini dipengaruhi oleh profil kecepatan angin yang merupakan kurva lengkung yang terletak di batas lapisan. Dalam hal ini lapisan batas biasanya disebut dengan Atmospheric Boundary Layer (ABL). ABL adalah bagian dari atmosfer yang berimbas langsung terhadap permukaan bumi. Profil kecepatan aliran pada ABL dapat memiliki gradien landai atau curam tergantung pada karakteristik dari permukaan hulu. ABL dapat diketahui dan direkonstruksi melalui dua metode yaitu eksperimen dan simulasi numerik. Penelitian rekonstruksi ABL dalam makalah ini menggunakan metode eksperimen. Dalam eksperimen atau percobaan, rekonstruksi ABL biasanya dilakukan dengan try and error, perlu untuk mengetahui kecenderungan parameter ABL untuk membuatnya lebih mudah dan lebih efektif dalam membangun ABL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ABL, Angin, Gaya, Bangunan, Simulasi, Eksperimen
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:25
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item
View Item