Penentuan Hari Paling Tenang Variasi SQ Geomagnet Stasiun Lokal Geomagnet

La Ode Muhammad Musafar Kilowasid (2013) Penentuan Hari Paling Tenang Variasi SQ Geomagnet Stasiun Lokal Geomagnet. Buku: Geomagnet dan Magnet Antariksa Edisi Ke-3 2013. pp. 53-59.

[thumbnail of Buku_La Ode Muhammad_Pussainsa_2013.pdf]
Preview
Text
Buku_La Ode Muhammad_Pussainsa_2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Variasi Sq geomagnet mengandung informasi tentang kekuatan arus yang mengalir di ionosfer lokal sebagai akibat rotasi Bumi dan ionisasi ionosfer akibat pemanasan oleh radiasi elektromagnetik matahari. Variasi Sq paling tenang juga digunakan sebagai baseline untuk perhitungan gangguan geomagnet. Sebagai contoh, perhitungan indeks K menggunakan rata-rata lima hari variasi Sq paling tenang dalam satu bulan tertentu. Dalam makalah ini dibahas penentuan variasi Sq paling tenang dengan meninjau simetrisitas variasi Sq pada daerah waktu pagi hingga tengah hari dengan tengah hari hingga sore dan sore hingga tengah malam dengan tengah malam hingga pagi. Variasi Sq paling tenang ditunjukkan bersifat paling simetri dan keberadaan gangguan akan memodifikasi sifat-sifat arus Sq. Hasil analisis hari tenang berbasis sifat simetri variasi Sq ini menunjukkan hasil-hasil yang konsisten dengan indeks Kp geomagnet, dimana variasi Sq paling simetri terjadi pada saat indeks Kp sangat kecil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: variasi Sq, sifat simetri
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 02 Mar 2021 09:10
Last Modified: 18 Jul 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item
View Item