Korelasi Gangguan Geomagnet Daerah Ekuator dengan Indeks dst

Habirun (2013) Korelasi Gangguan Geomagnet Daerah Ekuator dengan Indeks dst. Buku: Geomagnet dan Magnet Antariksa Edisi Ke-3 2013. pp. 40-45.

[thumbnail of Buku_Habirun2_Pussainsa_2013.pdf]
Preview
Text
Buku_Habirun2_Pussainsa_2013.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Variasi harian komponen H akibat dipengaruhi berbagai aktivitas gangguan, terutama pada saat terjadi badai magnet sangat berfluktuasi. Dampak gangguan pada variasi harian komponen H lokal dinotasikan dengan D(t) dan dampak gangguan variasi harian komponen H global dinyatakan dengan indeks Dst. Pengolahan dan analisis data gangguan, untuk korelasi antara pola gangguan geomagnet lokal dengan indeks Dst dilakukan menggunakan metode statistik. Hasil analisis menunjukkan keterkaitan kuat antara pola gengguan geomagnet lokal dengan indeks Dst yaitu dari 0,91 sampai dengan 0,96. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan prediksi gangguan geomagnet lokal Indonesia menggunakan model prediksi yang dikembangkan oleh Lund.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola gangguan, badai geomagnet, korelasi
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:15
Last Modified: 18 Jul 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item
View Item