Analisis Perhitungan Hasil Revisi Profil Baja Struktur Penutup Lubang Fasilitas Liner Roket RX-550 LAPAN

Setiadi (2012) Analisis Perhitungan Hasil Revisi Profil Baja Struktur Penutup Lubang Fasilitas Liner Roket RX-550 LAPAN. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 231-239.

[thumbnail of Prosiding_Setiadi_Pustekroket_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Setiadi_Pustekroket_2015.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Proses liner merupakan langkah kegiatan pembuatan lapisan insulasi termal sekaligus proses pengisian propelan ke dalam tabung motor roket berbahan bakar padat yang dibuat oleh LAPAN. Kegiatan ini memerlukan ruangan dengan luas dan ketinggian tertentu. Khusus untuk motor roket RX-550 diperlukan bangunan penggantung komponen motor roket setinggi 14 meter. Guna melaksanakan kegiatan ini maka hanggar integrasi roket telah dipilih sebagai bangunan yang digunakan dengan menggali sebagian permukaan lantai berbentuk empat persegi panjang sedalam 4 meter. Agar kegiatan lain tetap berjalan maka diperlukan penutup lubang yang akan dibuat.
Pada awalnya rancangan untuk penutup lubang adalah 2 buah pelat baja dengan tebal masing- masing 1 centimeter, dimana dibawah pelat diletakkan profil baja dengan bentuk WF. Tim pustekroket sebagai user meminta penggunaan pelat sebagai penutup diganti dengan profil baja yang lebih kecil, supaya lebih praktis, dan mudah dalam pengoperasian serta lebih kuat. Setelah dua kali revisi, penulis merencanakan profil penutup sebagai pengganti pelat tersebut diatas.
Makalah ini akan menganalisis perhitungan struktur penutup lubang untuk proses liner agar lebih praktis dalam handling , lebih kuat dan aman. Metode yang digunakan adalah statika struktur pada simple beam struktur statis tertentu dengan prinsip keseimbangan gaya luar dengan gaya dalam. Inti dari rancangannya adalah agar profil kuat menerima beban mobil launcher untuk roket RX-420 yang kemungkinan akan melewati lubang tersebut dan mudah mengangkat profil baja satu persatu oleh dua atau tiga orang. Dalam rangka menyesuaikan kebutuhan ini maka digunakan profil WF 100x100x6x8 dipasang berjajar rapat sebanyak 35 buah sebagai penutup lubang tersebut, Berdasarkan analisis perhitungan diperoleh bahwa penggunaan profil WF 100x100x6x8 menghasilkan tegangan dan lendutan yang masih dibawah nilai ijinnya, dimana factor keamanan masing-masing baik tegangan maupun lendutannya sebesar 1,6. Bangunan peralatan proses liner ini telah berhasil digunakan pada proses liner sebanyak dua kali dan berhasil dengan baik.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: Liner, Motor Roket RX-550, Struktur Penutup Lubang, Statika Struktur.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Perancangan dan Prototipe > Teknologi Roket > Material dan Struktur
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:16
Last Modified: 19 Jul 2022 03:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item
View Item