Simulasi Gerak Dan Analisis Kestabilan Kopling Inersia Wahana Dirgantara Dengan Bentuk Badan Ramping

Hari Muhammad and Hilman Samputra and Yazdi I. and Jenie and Javensius Sembiring (2011) Simulasi Gerak Dan Analisis Kestabilan Kopling Inersia Wahana Dirgantara Dengan Bentuk Badan Ramping. Jurnal Teknologi Dirgantara, 9 (1). pp. 28-40. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Hari_ITB_2011.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Hari_ITB_2011.pdf

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal TD_Hari_ITB_2011.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Hari_ITB_2011.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Kopling inersia adalah fenomena gerak yang terjadi pada wahana dirgantara yang mana terjadi peningkatan kopling antara modus gerak longitudinal dengan modus gerak lateral direksional. Fenomena kopling inersia ini umumnya terjadi pada wahana dirgantara yang dirancang untuk terbang dengan kecepatan tinggi, sehingga mempunyai bentuk badan yang ramping (slender body) dan kelampaian atau aspect ratio rendah dan terjadi pada saat wahana tersebut melakukan manuver roll dengan kecepatan sudut roll yang besar. Pada makalah ini akan dibahas penurunan persamaan gerak kopling inersia, pemodelan persamaan gerak pada perangkat lunak Matlab/Simulink, serta melakukan simulasi gerak dan analisis kestabilan kopling inersia suatu wahana dirgantara. Contoh simulasi gerak dan analisis kestabilan kopling inersia untuk pesawat udara jenis fighter akan diberikan pada makalah ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kopling inersia, Analisis kestabilan, Simulasi terbang, Slender body
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:33
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item
View Item