Robertus Heru Triharjanto and Lilis Mariani (2009) Desain Dan Pembuatan Nosel Dengan Blast Tube Dengan Metode SHRINK-FIT. Jurnal Teknologi Dirgantara, 7 (2). pp. 120-125. ISSN 1412-8063
Jurnal TD_ Lilis_Pustekroket_2009.pdf
Download (264kB) | Preview
Abstract
Malakah ini membahas tentang desain struktur, pembuatan dan pengujian nosel roket yang menggunak an blast tube. Blast tube ditempatkan pada nosel motor roket untuk memberik an ruang yang aman bagi komponen elektronik kendali yang berada di ekor roket. Karena geometrinya kompleks, komponen -komponen struktur dari nosel dibagi menjadi beberapa bagian. Grafit dipilih sebagai bahan ablatif untuk blast tu be dan nosel. Metode shrink -fit digunakan untuk menyatukan grafit dengan struktur logamnya. Anyaman serat kaca digunakan untuk bahan insulasi pada bagian luar blast tube dan nosel, karena diperkirakan suhunya masih terlalu panas untuk komponen elektronik sistem kendali yang terbuat dari plastik. Uji tekanan hidros tatis dilakukan untuk melihat tekanan maksimum yang bisa ditahan blast tube . Uji penyalaan statik dilakukan untuk memvalidasi desain propulsi dan melihat apakah struktur nosel dapat bertahan seperti prediksi. Hasil test menu njukkan bahwa blast tube dapat menahan tekanan dan suhu selama penyalaan. Namun, modifikasi perlu dilakukan di bagian divergen untuk menghindari terlepasnya grafit , seperti yang terjadi saat uji statik .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roket, Desain, Struktur, Termal |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 04:50 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 19:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/10546 |