EVALUASI DAYA TERSEDIA PADA JALUR DISTRIBUSI TRAIN A PASCA MODIFIKASI SISTEM LISTRIK RSG-GAS

Yan Bony Marsahala, YBM (2009) EVALUASI DAYA TERSEDIA PADA JALUR DISTRIBUSI TRAIN A PASCA MODIFIKASI SISTEM LISTRIK RSG-GAS. Buletin "Reaktor". pp. 55-63. ISSN ISSN: 0216-2695

[thumbnail of 7_Yan Boni.pdf]
Preview
Text
7_Yan Boni.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

EVALUASI DAYA TERSEDIA PADA JALUR DISTRIBUSI TRAIN A PASCA MODIFIKASI SISTEM LISTRIK RSG-GAS. Telah dilakukan evaluasi daya tersedia pada jalur distribusi train A sistem listrik RSG-GAS untuk mengetahui sejauh mana dampak penurunan kapasitas daya sistem yang diturunkan dari 4500 KVA menjadi 3030 KVA terhadap komposisi kapasitas daya pada jalur distribusi A. Pembahasan yang dilakukan meliputi perhitungan kapasitas daya, setting MCB, beban terpasang dan daya maksimum pada panel distribusi utama BHA, BHD, dan panel distribusi darurat BNA. Untuk panel distribusi darurat, selain hal2 di atas akan ditinjau pula pasokan kapasitas daya tersedia dari PLN dibandingkan dengan kapasitas disel pembangkit BRV10. Perhitungan dan analisis data yang diterapkan, dilakukan pada kondisi sebelum dan pasca modifikasi. Hasil pembahasan menyatakan bahwa kapasitas daya tersedia pasca modifikasi sistem untuk panel distribusi utama I BHA adalah 1705,04 A, untuk distribusi utama II BHD adalah 1091,22 A, dan panel distribusi darurat BNA adalah 545,61 A. Sedangkan beban maksimum yang terdapat pada tiap panel distribusi di atas masing-masing adalah 1264,9 A, 1055,6A, dan 463,4 A. Pada kondisi tersebut, panel distribusi utama I, panel distribusi utama II, dan panel distribusi darurat pada jalur distribusi train A, masih mampu menanggung daya maksimum dengan ketersediaan daya cukup.

Kata kunci: jalur distribusi train A, daya tersedia.

ABSTRACT

POWER AVAILABILITY EVALUATION AT TRAIN A DISTRIBUTION LINE OF THE G.A SIWABESSY REACTOR AFTER HAVING MODIFICATION. Evaluation of power supply reduces on A train distribution line has been implemented. The purpose is to recognize whether reducing power supply from 4500 KVA to 3030 KVA will alter power distribution at A train. Discussion included calculation of power capacity, proper setting of MCB, load installed, and maximum power needed for the BHA, BHD main distribution boards and the BNA emergency board. Consideration should be taken into account for power supplied from BRV 10 diesel generator at which it has to be adjusted with the power supplied by main power source of PLN. Analysis are true for before and after modification. It demonstrated that after having modification availability power supply at both the BHA first distribution BHA line and the second BHD main distribution line were 1705,04 A and 1091,22 A respectively. While availability supply power at the BNA emergency distribution line was 545,61 A. Maximum loads at three of them respectively were 1264,9A, 1055,6 A and 463,4 A. Therefore it can be concluded that reducing PLN supply power did not has negative effect on main and emergency distribution lines.

Keyword: distribution line train A, available power.

Item Type: Article
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Teknologi Reaktor > Sistem Reaktor
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Teknologi Reaktor > Sistem Reaktor
Divisions: BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
IPTEK > BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:18
Last Modified: 31 May 2022 03:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item
View Item