Policy Paper: Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bengkulu Menuju Pembelajaran Berkelanjutan

Muhamad, Amin and Didik, Sudarsono and Muhammad, Zulhamdani and Sabar, Budi Raharjo and Siswantari, Siswantari and Ibnu, Salman Policy Paper: Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bengkulu Menuju Pembelajaran Berkelanjutan. Direktorat Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah, BRIN. (Unpublished)

[thumbnail of Policy Paper: Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bengkulu Menuju Pembelajaran Berkelanjutan]
Preview
Text (Policy Paper: Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bengkulu Menuju Pembelajaran Berkelanjutan)
PolicyPaper_SabarBudiRaharjo_2025.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (831kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan elemen kunci dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,
inklusif, dan berkeadilan. Di Provinsi Bengkulu, berbagai tantangan masih membayangi kualitas
pendidikan, seperti rendahnya kompetensi guru, belum link and Match Lulusan Pendidikan
Dengan Dunia Usaha dan Dunia kerja, fasilitas pendidikan yang belum merata, minimnya
integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta tingginya angka putus sekolah di sejumlah
kabupaten. Policy paper ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara
sistematis dan menawarkan rekomendasi kebijakan yang kontekstual dan berbasis data. Analisis
dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur, data statistik regional,
serta referensi kebijakan nasional dan global. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan
mutu guru melalui pelatihan berkelanjutan, pemerataan sarana pendidikan, perluasan akses
teknologi, serta penguatan sistem retensi siswa di jenjang menengah, merupakan langkah
strategis dalam mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan menuju pembelajaran
berkelanjutan di Bengkulu. Rekomendasi dalam paper ini ditujukan kepada berbagai pemangku
kepentingan, termasuk pemerintah provinsi, dinas pendidikan dan kebudayaan, pemerintah desa,
lembaga pendidikan tinggi dan sektor swasta. Dengan kolaborasi multipihak dan pendekatan
berbasis kebutuhan lokal, Provinsi Bengkulu berpotensi menjadi model dalam pengembangan
pendidikan berkelanjutan di tingkat daerah.

Item Type: Other
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Divisions: OR_Ilmu_Pengetahuan_Sosial_dan_Humaniora > Pendidikan
Depositing User: Mrs Saimroh Saimroh
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:40
Last Modified: 22 Dec 2025 07:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/56916

Actions (login required)

View Item
View Item