Aldila, Rahma and Uswatun, Hasanah and Happy, Fitria and Suarman, Halawa and Amir, Syamsudin Policy Brief: Pendidikan Tangguh Iklim Jenjang Usia Dini di Ekosistem Pesisir: Arah Kebijakan untuk Adaptasi dan Resiliensi Komunitas. Pusat Riset Pendidikan, Badan Riset dan Inovasi Nasional. (Unpublished)
PolicyBrief_AldilaRahma_2025.pdf
Download (408kB) | Preview
Abstract
Perubahan iklim menimbulkan ancaman yang signifikan bagi masyarakat pesisir, dengan populasi anak-anak usia dini termasuk yang paling rentan namun sering terabaikan dalam implementasi Pendidikan Perubahan Iklim (PPI). Ringkasan kebijakan ini mengkaji tantangan dan perspektif guru PAUD dalam memberikan PPI, yang berkisar dari keterlibatan proaktif hingga kendala yang disebabkan oleh terbatasnya pengetahuan ilmiah dan sumber daya pembelajaran yang tidak memadai. Tanpa intervensi kebijakan yang efektif, anak-anak menghadapi risiko fisik dan psikologis yang lebih tinggi, hilangnya kesempatan penting untuk adaptasi dini, dan melemahnya ketahanan masyarakat. Untuk mengatasi tantangan ini, ringkasan ini merekomendasikan serangkaian strategi terpadu: mengembangkan kurikulum berbasis konteks yang didasarkan pada budaya pesisir setempat, meningkatkan kapasitas guru dan literasi lingkungan, memperkuat kolaborasi lintas sektor melalui model sinergi Pentahelix, dan membangun sistem pemantauan, evaluasi, dan penelitian yang berkelanjutan. Menerapkan langkah-langkah ini dalam pendidikan anak usia dini pesisir merupakan investasi strategis untuk membina generasi yang sadar iklim, tangguh, dan adaptif yang mampu merespon perubahan lingkungan.
| Item Type: | Other |
|---|---|
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Divisions: | OR_Ilmu_Pengetahuan_Sosial_dan_Humaniora > Pendidikan |
| Depositing User: | Mrs Saimroh Saimroh |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:39 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 07:39 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/56880 |


