Model Pembelajaran Berbasis Steam Bernyanyi-Bermain Untuk Optimalisasi Literasi Dan Numerasi Awal Anak Usia Dini

Suprapto, Suprapto and Opik, Abdurrahman Taufik and Nunu, Ahmad An Nahidl and Abdul, Manaf and Martha, Christianti and Muh, Asriadi Model Pembelajaran Berbasis Steam Bernyanyi-Bermain Untuk Optimalisasi Literasi Dan Numerasi Awal Anak Usia Dini. Pusat Riset Pendidikan. (Unpublished)

[thumbnail of Model Pembelajaran Berbasis Steam Bernyanyi-Bermain Untuk Optimalisasi Literasi Dan Numerasi Awal Anak Usia Dini]
Preview
Text (Model Pembelajaran Berbasis Steam Bernyanyi-Bermain Untuk Optimalisasi Literasi Dan Numerasi Awal Anak Usia Dini)
ModelPembelajaran_Suprapto_2025.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (374kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Berbasis Steam Bernyanyi-Bermain Untuk Optimalisasi Literasi Dan Numerasi Awal Anak Usia Dini ini mengintegrasikan pendekatan STEAM dengan aktivitas bermain dan bernyanyi yang dirancang sesuai karakteristik perkembangan anak. Komponen utama model meliputi tujuan literasi dan numerasi awal, sintaks pembelajaran berbasis lagu berpola ritmis dan permainan kontekstual, peran guru sebagai fasilitator, serta lingkungan belajar yang inklusif dan menyenangkan. Lagu dan permainan digunakan sebagai media untuk menumbuhkan kesadaran berbahasa, pemahaman konsep numerik dasar, kreativitas, dan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Model ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran inovatif dan aplikatif bagi satuan PAUD, khususnya Raudhatul Athfal, serta rujukan konseptual dalam pengembangan kurikulum literasi dan numerasi awal di Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; STEAM; bernyanyi–bermain; numerasi awal
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Divisions: OR_Ilmu_Pengetahuan_Sosial_dan_Humaniora > Pendidikan
Depositing User: Mrs Saimroh Saimroh
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:38
Last Modified: 22 Dec 2025 07:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/56863

Actions (login required)

View Item
View Item