Muhammad, Yunus (2024) Pendampingan guru melalui kegiatan PPL dalam upaya mewujudkan guru modis pada madrasah binaan se-Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Bicer: Berdedikasi, Intelektual dan Cerdas, 1 (1): 7. pp. 68-84. ISSN 3048-2828
3048_2828_1_1_2024-7.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Guru belum cakap dalam mengajar berdasarkan tuntutan zaman sekarang yaitu pembelajaran abad 21, guru belum mahir dalam membuat administrasi pembelajaran abad 21.Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan PPL dapat mewujudkan guru MODIS pada Madrasah Binaan se- Kabupaten Bener Meriah. Hasil yang diperoleh dari penerapan PPL terhadap pendampingan guru dalam membuat ADM dan Pelaksanaan Proses, Setelah dilakukan pembinaan dan praktek untuk guru-guru binaan, diperoleh nilai Rata-rata untuk ADM yaitu 72,2 dengan katagori B, meningkat sebesar 15% dari nilai sebelum penerapan PPL yaitu 62,9. Sedangkan untuk Rata-rata Pelaksanaan Proses Pembelajaran diperoleh 70,7 dengan Katagori B, ini juga jauh meningkat yaitu sebesar 22% dari nilai sebelum penerapan PPL yaitu 58,1. Hasil penyebaran angket modis untuk 24 guru diperoleh hasil kategori sangat modis sebanyak 3 guru (13%), kategori modis sebenyak 19 guru (79), kategori tidak modis sebanyak 2 guru (8%), dan kategori sangat tidak modis sebanyak 0 guru (0%).
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendampingan. PPL, Guru MODIS |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
| Date Deposited: | 17 Feb 2025 00:55 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 00:55 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/53632 |


