Peningkatan interaksi pembelajaran siswa melalui strategi everyone is a teacher here bagi siswa kelas XI agama semester genap MAN Tanjungpinang tahun pelajaran 2019-2020

Mayasari, Mayasari (2024) Peningkatan interaksi pembelajaran siswa melalui strategi everyone is a teacher here bagi siswa kelas XI agama semester genap MAN Tanjungpinang tahun pelajaran 2019-2020. Jurnal Pendidikan Bicer: Berdedikasi, Intelektual dan Cerdas, 1 (1): 5. pp. 47-58. ISSN 3048-2828

[thumbnail of 3048_2828_1_1_2024-5.pdf]
Preview
Text
3048_2828_1_1_2024-5.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi everyone is a teacher here dalam mata pelajaran bahasa inggris akan dapat meningkatkan interaksi pembelajaran siswa Kelas XI Agama semester genap MAN Tanjungpinang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan interaksi pembelajaran siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui penerapan active learning dalam bentuk everyone is a teacher here pada siswa Kelas XI Agama semester genap MAN Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Agama semester genap MAN Tanjungpinang yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi yang digunakan untuk melihat perubahan interaksipembelajaran siswa pada Siklus I dan Siklus II. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Presentase dan Rating Scale. Berdasarkan hasil pengamatan interaksi pembelajaran siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada Siklus I dan Siklus II terlihat dengan adanya peningkatan yaitu perhatian dalam kegiatan belajar terhadap guru dan teman meningkat 23,3% , mengerjakan tugas yang diberikan guru meningkat 27%, membuat pertanyaan dan jawaban telah semua siswa melaksanakannya yaitu 100%, bersedia tampil di depan kelas dan melaksanakan keterampilan berkomunikasi meningkat 23,3%, mengemukakan pendapat mengenai jawaban yang dibacakan meningkat 7% dan diakhiri pelajaran membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari meningkat 23,3%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan interaksi pembelajaran siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas XI Agama semester genap MAN Tanjungpinang. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar dalam pelaksanaan strategi pembelajaran everyone is a teacher her diterapkan pemberian tugas Resume, penggunaan media yang menarik, pemberian bonus nilai bagi yang aktif. Sehingga penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat terlaksanakan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interaksi pembelajaran, Strategi everyone is a teacher here
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Feb 2025 00:55
Last Modified: 17 Feb 2025 00:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/53625

Actions (login required)

View Item
View Item