Analisis distribusi saluran pemasaran tanaman kacang panjang (Vigna sinensis) di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur

Agustinus, Mite Deru (2024) Analisis distribusi saluran pemasaran tanaman kacang panjang (Vigna sinensis) di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. Jurnal Agribest, 8 (2): 1. pp. 46-54. ISSN 2581-1339

[thumbnail of 2581-1339_8_2_2024-1.pdf]
Preview
Text
2581-1339_8_2_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (338kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kotawaringin Timur dikenal merupakan kota yang memiliki penghasil komoditas pertanian yang potensial, termasuk tanaman hortikultura. Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, adalah satu wilayah di Kotawaringin Timur memiliki produksi besar pada tanaman kacang panjang yang terbesar di banding tanaman budidaya tanaman Hortikultura lainya. Besar produksi tanaman kacang panjang ini perlu sebuah dukungan dalam memasarkan lebih baik dan efisien. Untuk oleh itu perlu suatu adanya sebuah kajian atau Penelitian. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola dan efisiensi pemasaran, kacang panjang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan petani. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan terdapat tiga saluran pemasaran kacang panjang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, yaitu :1) Petani – Konsumen 2) Petani - Pedagang Pengumpul – Konsumen 3) Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Eceran – Konsumen. Untuk Saluran pemasaran I tidak memerlukan biaya pemasaran, sedangkan saluran II dan III memiliki biaya masing-masing Rp24,13 dan Rp 93,89 per kg.Keuntungan pemasaran untuk saluran I, II, dan III berturut-turut adalah Rp 0, Rp 3.374, dan Rp 6.262 per kg. Perbedaan keuntungan ini disebabkan oleh jarak tempuh dan waktudistribusi yang berbeda. Kesimpulan untuk Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa ketiga saluran pemasaran tergolong efisien secara ekonomis dengan nilai rasio pemasaran di atas 50%. Nilai rasio pemasaran untuk saluran I, II, dan III berturut-turut adalah 100%, 71%, dan 57%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Saluran, Pemasaran, Kacang panjang
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Agriculture & Food > Agricultural Economics
Agriculture & Food > Agronomy, Horticulture, & Plant Pathology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Feb 2025 00:54
Last Modified: 17 Feb 2025 00:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/53421

Actions (login required)

View Item
View Item