Sulaiman, Sulaiman (2024) Gambaran media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (3): 3. pp. 15-21. ISSN 3025-700X
3025-700X_2_3_2024-3.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran memiliki tiga peran utama: sebagai alat interaksi dan komunikasi antara guru dan peserta didik, sebagai perangkat lunak yang berisi pesan yang ingin disampaikan dalam proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, dan sebagai perangkat keras yang dapat dirasakan, dilihat, dan didengar oleh panca indera peserta didik. Penggunaan media pembelajaran dalam pengajaran juga memiliki dampak psikologis pada peserta didik, seperti meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan ada beberapa jenis media pembelajaran yang sesuai untuk mata pelajaran matematika, membantu peserta didik memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Pertama, Buku Teks cocok untuk peserta didik yang suka belajar secara mandiri, menghargai penjelasan mendalam, dan membutuhkan struktur yang terorganisir. Kedua, Papan Tulis Interaktif cocok untuk peserta didik yang responsif terhadap pembelajaran visual dan interaktif, serta yang butuh variasi untuk mempertahankan minat dan konsentrasi. Ketiga, Perangkat Lunak Pembelajaran sangat sesuai untuk peserta didik yang terbiasa dengan teknologi, ingin belajar mandiri, merespons positifterhadap pengalaman interaktif, dan memiliki gaya belajar kinestetik. Keempat, Video Pembelajaran cocok untuk peserta didik visual, auditori, yang suka multimedia, ingin belajarmandiri, dan membutuhkan pemahaman praktis tentang konsep matematika. Kelima, Manipulatif Matematika sesuai untuk peserta didik yang preferensi belajar kinestetik, visual, sulit berkonsentrasi, dan ingin belajar melalui percobaan. Keenam, Aplikasi Pembelajaran Mobile cocok untuk peserta didik mandiri, mobilitas tinggi, terbiasa dengan teknologi, dan ingin pembelajaran yang cepat dan interaktif. Terakhir, Aktivitas Berbasis Proyek sangat sesuai untuk peserta didik visual, praktis, kreatif, dan ingin belajar dalam konteks nyata serta mengembangkan keterampilan sosial, pemecahan masalah, dan kolaborasi.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Karakteristik, Peserta didik |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
| Date Deposited: | 17 Feb 2025 00:55 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 00:55 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/53241 |


