ANALISIS REAKTIVITAS TERAS RGTT200K DALAM SKENARIO KECELAKAAN WATER INGRESS

Zuhair, Z and Suwoto, AW and Sumijanto, ST (2013) ANALISIS REAKTIVITAS TERAS RGTT200K DALAM SKENARIO KECELAKAAN WATER INGRESS. ANALISIS REAKTIVITAS TERAS RGTT200K DALAM SKENARIO KECELAKAAN WATER INGRESS. pp. 173-182. ISSN 0854-2910

[thumbnail of 185-194 Zuhair.pdf]
Preview
Text
185-194 Zuhair.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
ANALISIS REAKTIVITAS TERAS RGTT200K DALAM SKENARIO KECELAKAAN WATER
INGRESS. Problema keselamatan utama HTR pebble bed secara tipikal diklasifikasikan ke dalam tiga tipe
kecelakaan dasar desain, yaitu LOCA, kecelakaan air ingress dan kecelakaan water ingress. Dibandingkan
dengan LOCA dan air ingress, kecelakaan water ingress lebih rumit karena masuknya air menyebabkan
korosi teras reaktor grafit dan insersi reaktivitas positif. Makalah ini menganalisis reaktivitas teras
RGTT200K dalam skenario kecelakaan water ingress. Efek reaktivitas dari air yang masuk ke dalam teras
diobservasi untuk mengetahui risiko water ingress di teras RGTT200K pada berbagai jumlah partikel TRISO
dalam bahan bakar pebble. Perhitungan dilakukan dengan program MCNPX dan pustaka ENDF/B-VII pada
temperatur 1200K. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa semakin banyak jumlah partikel TRISO dalam
pebble semakin tinggi nilai insersi reaktivitas maksimum yang diperoleh dalam skenario kecelakaan water
ingress. TRISO dengan jumlah kurang dari 10.000 partikel tidak menimbulkan masalah water ingress yang
signifikan dari sudut pandang reaktivitas namun masih tetap akan menjadi masalah dari sudut pandang korosi
grafit. Dapat disimpulkan bahwa nilai insersi reaktivitas puncak 4,56 %∆k/k yang dicapai oleh 15.000
partikel TRISO akibat water ingress harus dipertimbangkan sebagai dasar desain RGTT200K karena terkait
erat dengan keselamatan reaktor.
Kata-kunci: reaktivitas, water ingress, RGTT200K, MCNPX, ENDF/B-VII
ABSTRACT
ANALYSIS ON REACTIVITY OF RGTT200K’s CORE IN WATER INGRESS ACCIDENT SCENARIO.
Main safety problems of HTR pebble bed are typically classified into three types of design basis accidents, i.e.
LOCA, air ingress accident and water ingress accident. Compared to LOCA and air ingress, water ingress
accident is more complicated due to the ingress of water causes the corrosion of the graphite reactor core
and positive reactivity insertion. This paper analyzes the RGTT200K’s core reactivity in water ingress
accident scenario. The reactivity effect of water ingress into the core was observed to determine the risk of
water ingress in RGTT200K core at various number of TRISO particles in fuel pebble. Calculations were
performed with MCNPX code and ENDF/B-VII library at temperature of 1200K. The calculation results
show that the greater number of TRISO particles in pebble the higher maximum insertion reactivity value
obtained in water ingress accident scenario. TRISO with number of less than 10,000 particles creates no
significant problem of water ingress from viewpoint of reactivity but still will be a problem from viewpoint of
graphite corrosion. It can be concluded that peak reactivity insertion value of 4.56 %∆k/k achieved by 15,000
TRISO particles due to water ingress should be considered as a design basis of RGTT200K because it
strongly related to reactor safety.
Keywords: reactivity, water ingress, RGTT200K, MCNPX, ENDF/B-VII

Item Type: Article
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 14 Nov 2018 08:05
Last Modified: 31 May 2022 09:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item
View Item