Intervensi ergonomi pada aplikasi pembelajaran basa Bali (BALI-MOBAPP) melalui pendekatan UI/UX dapat meningkatkan kenyamanan dan hasil belajar mahasiswa

IKG, Suhartana and IGS, Rahayuda (2024) Intervensi ergonomi pada aplikasi pembelajaran basa Bali (BALI-MOBAPP) melalui pendekatan UI/UX dapat meningkatkan kenyamanan dan hasil belajar mahasiswa. In: Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI), 8-9 Agustus 2024, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_2024_IKG Suhartana_411-418.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2024_IKG Suhartana_411-418.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi intervensi ergonomi dalam aplikasi pembelajaran basa bali (BALI-MOBAPP) dengan menggunakan pendekatan antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) disingkat UI/UX untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen ergonomi yang dapat diterapkan dalam desain aplikasi (BALI-MOBAPP) dan menganalisis dampaknya terhadap pembelajaran basa bali Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip ergonomi dalam UI/UX aplikasi pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan dan efektivitas pembelajaran mahasiswa. Kenyamanan sebagai intervensi ergonomi dalam aplikasi pembelajaran memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas pembelajaran meliputi : (a) Antarmuka pengguna yang intuitif, (b) Preferensi Pengguna (c) Distorsi, (d) Responsif dan (e) Pengelolaan beban kognitif. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode randomized pre and posttest control group design (Pocock, 2008). Penelitian ini adalah melibatkan kelompok kontrol menggunakan aplikasi konvensional dan kelompok perlakuan menggunakan aplikasi (BALI-MOBAPP). Penelitian ini menghasilkan (a) Pengujian subjek penelitian ke-dua kelompok mempunyai karakteristik subyek yang sama / homogen. (b) Karakteristik lingkungan tempat uji ke dua tempat memiliki suhu, kelembaban, kecepatan angin, pencahayaan tidak berbeda, (c) Pengujian kenyamanan dan hasil belajar menunjukan pengukuran kenyamanan kelompok kontrol lebih kecil dari pengukuran kelompok perlakuan yaitu 3,20 dan 4,25 atau terjadi peningkatan 32,69%. Peningkatan beban kerja akhir kelompok kontrol sebesar 12,32% sedangkan untuk kelompok perlakuan sebesar 5,54%. Terjadi peningkatan beban kerja akhir lebih tinggi pada kelompok kontrol dibandingkan kelompok perlakuan sebesar 16,13%. Hasil belajar kelompok kontrol sebesar 62,97 dan 73,12 untuk kelompok perlakuan, atau terjadi peningkatan sebesar 16,13%, jika bekerja dengan aplikasi (BALI-MOBAPP).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Basa bali, Antarmuka pengguna, Pengalaman Pengguna
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:33
Last Modified: 19 Feb 2025 01:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/52482

Actions (login required)

View Item
View Item