Debora, Vivia Kusumawardani and Elty, Sarvia (2024) Memahami durasi konsentrasi mahasiswa: implikasi untuk desain pembelajaran yang efektif studi kasus di Universitas X, Kota Bandung. In: Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI), 8-9 Agustus 2024, Bandung.
Prosiding_2024_Debora Vivia Kusumawardani_156-165.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (445kB) | Preview
Abstract
Selama kegiatan pembelajaran, seringkali mahasiswa mengalami penurunan konsentrasi yang berakibat pada kesulitan dalam memahami materi. Dengan demikian, mahasiswa dapat merasakan stres karena tidak dapat menerima materi secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor kelompok mata kuliah yang mempengaruhi tingkat konsentrasi, stres, dan kelelahan serta waktu terjadinya penurunan tingkat konsentrasi dan tingkat stres. Metode yang digunakan adalah pengamatan perilaku kunci tingkat konsentrasi, pengukuran tingkat stres melalui kelenjar keringat menggunakan Galvanic Skin Response (GSR), dan pengukuran tingkat kelelahan menggunakan Swedish Occupational Fatigue Index (SOFI). Terdapat tiga kondisi yang dilakukan, yaitu kelompok mata kuliah matematis teori, teori, dan matematis responsi. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa merasakan adanya tingkat konsentrasi yang sedang dan rendah, berada dalam kondisi yang tegang, dan mengalami kelelahan yang sedang dalam dimensi kekurangan energi, motivasi, dan rasa kantuk. Selain itu, penurunan tingkat konsentrasi terjadi pada 36 menit dan kenaikan tingkat stres terjadi pada 26 menit sejak perkuliahan dimulai.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tingkat konsentrasi, Tingkat Stres, Tingkat Kelelahan, Galvanic Skin Response (GSR), Swedish Occupational Fatigue Index (SOFI |
| Subjects: | Administration & Management Administration & Management > Inventory Control |
| Depositing User: | Saepul Mulyana |
| Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:34 |
| Last Modified: | 19 Feb 2025 01:34 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/52443 |


