Buhanudin, Buhanudin (2024) Tantangan yang dihadapi guru mata pelajaran biologi untuk membantu peserta didik meraih kesuksesan karier. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidik Tingkat Dasar dan Menengah, 1 (4): 3. pp. 15-22. ISSN 3046-5834
3046-5834_1_4_2024-3.pdf - Published Version
Download (161kB)
Abstract
Bidang kajian biologi meliputi berbagai subdisiplin seperti anatomi, zoologi, botani, dangen etika. Mata pelajaran biologi bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan keindahan alam semesta, meningkatkan keyakinan terhadap keagungan Tuhan, dan mendorong kesadaran untuk melestarikan alam serta mencintai sains dan teknologi. Lulusan biologi memiliki peluang luas dalam dunia kerja karena dapat memasuki berbagai jenis profesi yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tantangan yang dihadapi Guru Mata Pelajaran Biologi untuk membantu peserta didik meraih kesuksesan karier. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi mata pelajaran Biologi dalam menyukseskan karier peserta didik antara lain:(1) Kesulitan Konsep Abstrak, (2) Kemajuan Teknologi,(3) Keterbatasan Sumber Daya, (4) Ketersediaan Guru yang Kompeten, (5) Tingginya Standar Persaingan,(6) Tantangan Etika dan Moral, dan (7) Dukungan dari Lin
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tantangan, Mata Pelajaran biologi, Kesuksesan karier, Biology education, Career development |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 12:23 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 12:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51836 |