Meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika

Mitha, Murniati (2024) Meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidik Tingkat Dasar dan Menengah, 1 (4): 2. pp. 7-14. ISSN 3046-5834

[thumbnail of 3046-5834_1_4_2024-2.pdf] Text
3046-5834_1_4_2024-2.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mempelajari fisika. Salah satunya adalah menunjukkan keterkaitan materi fisikadengan kehidupan sehari-hari, menggunakan metode pembelajaran yang interaktif seperti eksperimen laboratorium dan permainan edukatif, memberikan kesempatan aktif bagipeserta didik untuk terlibat dalam proses pembelajaran, serta menyesuaikan materi pelajaran dengan minat individu peserta didik. Selain itu, memberikan dukungan positif,menyediakan sumber belajar yang beragam, dan menghadirkan ahli fisika atau mengatur kunjungan lapangan juga dapat membantu meningkatkan minat peserta didik dalammemahami konsep-konsep fisika. Dalam prakteknya, meskipun fisika merupakan salah satu cabang ilmu yang menarik untuk dipelajari, banyak peserta didik yang menghadapikesulitan dalam mencapai nilai yang memuaskan dalam mata pelajaran fisika. Fisika sering kali dianggap kurang diminati oleh sebagian besar peserta didik di sekolah karena mereka merasa bahwa fisika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Minat belajar, Fisika, Physics education, Interest (learning)
Subjects: Physics
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Nov 2024 12:27
Last Modified: 24 Nov 2024 12:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51834

Actions (login required)

View Item
View Item