Ahmad, Saifulloh (2024) Meningkatkan kemampuan komunikasi efektif melalui pembelajaran sastra. Literasi Pendidik: Jurnal Literasi Pendidik Berisikan Hasil Penelitian Guru, 1 (4): 4. pp. 23-30. ISSN 3032-3630
3032-3630_1_4_2024-4.pdf - Published Version
Download (410kB)
Abstract
Pembelajaran sastra bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara peserta didik. Ketika tujuan ini tercapai, peserta didik akan merasakan manfaatnya karena akan lebih mudah bagi mereka untuk mempelajari mata pelajaran lain di sekolah. Selain itu, dampak lainnya termasuk terbentuknya kebiasaan membaca, yang dapat meningkatkan pemahaman tentang manusia dan kemanusiaan, memperkenalkan nilai-nilai baru, meningkatkan pemahaman tentang budaya, serta mengembangkan imajinasi dan rasa, sekaligus membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Ini adalah dimana esensi Pendidikan karakter dapat terlihat jelas dalam konteks pembelajaran sastra. Tujuan penelitian kepustakaan ini adalah mengetahui cara meningkatkan kemampuan komunikasi efektif melalui pembelajaran sastra. Dari hasil penelitian terdapat beberapa cara meningkatkan kemampuan komunikasi efektif melalui pembelajaran sastra dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti membaca dan menganalisis teks sastra untuk memahami struktur kalimat, gaya bahasa, dan kosakata khas sastra, serta melalui diskusi kelompok tentang karya sastra untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan mendengarkan. Peserta didik juga dapat meningkatkan kemampuan menulis dan pemahaman teks dengan menulis esai atau analisis tentang karya sastra, serta melalui pementasan drama atau membaca drama berkelompok untuk memahami penggunaan bahasa dalam konteks yang hidup. Penggunaan permainan peran membantu peserta didik berlatih berkomunikasi dalam situasi-situasi yang berbeda dan mengembangkan empati, sementara mendengarkan puisi atau cerita pendek memperluas pemahaman tentang irama, nada, dan intonasi. Memanfaatkan teknologi seperti forum online atau platform pembelajaran digital juga dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dan memfasilitasi komunikasi efektif di luar kelas. Dengan mengintegrasikan berbagai kegiatan ini dalam pembelajaran sastra, peserta didik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka sambil mendapatkan pemahaman yang lebi dalam tentang sastra dan budaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Komunikasi efektif, Pembelajaran sastra, Literature education, Effective communication |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 12:54 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 12:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51830 |