Intan, Safitri (2024) Faktor-faktor yang berpengaruh pada pembelajaran bahasa Indonesia. Literasi Pendidik: Jurnal Literasi Pendidik Berisikan Hasil Penelitian Guru, 1 (4): 2. pp. 8-14. ISSN 3032-3630
3032-3630_1_4_2024-2.pdf - Published Version
Download (402kB)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk mencapai serangkaian tujuan yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan-tujuan ini meliputi kemampuan berkomunikasi, sikap dalam menggunakan bahasa, pemahaman tentang ilmu kebahasaan Bahasa Indonesia, kesadaran akan nilai pentingnya karya sastra dalam pengembangan diri, dan sikap positif siswa terhadap karya sastra. Tujuan penelitian kepustakaan ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup minat siswa, metode pengajaran, sumber daya dan bahan ajar, lingkungan sosial dan budaya, dukungan keluarga, kebiasaan penggunaan Bahasa Indonesia, serta perkembangan teknologi dan globalisasi. Minat siswa memainkan peran penting dalam motivasi belajar mereka, sementara metode pengajaran yang inovatif dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Ketersediaan sumber daya dan dukungan keluarga yang positif juga berdampak signifikan pada pembelajaran. Lingkungan sosial yang mendukung penggunaan Bahasa Indonesia dan kebiasaan penggunaan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari juga memengaruhi kemampuan siswa. Perkembangan teknologi dan globalisasi memperluas konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, memungkinkan integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pemahaman yang lebih luas terhadap pengaruh global pada bahasa tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpengaruh, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Indonesia language, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 12:49 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 12:49 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51823 |