Suhas, Caryono (2024) Meningkatkan prestasi peserta didik dengan gaya belajar auditori. Literasi Pendidik: Jurnal Literasi Pendidik Berisikan Hasil Penelitian Guru, 1 (4): 1. pp. 1-7. ISSN 3032-3630
3032-3630_1_4_2024-1.pdf - Published Version
Download (396kB)
Abstract
Peserta didik yang memiliki preferensi gaya belajar auditori mengandalkan pendengaran mereka untuk mengolah informasi, mencakup beragam suara dan kata seperti musik, nada, irama, pikiran batin, dan suara lainnya. Mereka lebih cenderung tanggap terhadap percakapan lisan dan kegiatan mendengarkan dari guru. Selain itu, peserta didik dengan kecenderungan gaya belajar auditori umumnya merekam informasi yang dijelaskan oleh guru dan mengulanginya berkali-kali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara meningkatkan prestasi peserta didik dengan gaya belajar auditori. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahawa untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan gaya belajar auditori, penting untuk menyediakan materi audiovisual, melakukan diskusi verbal, memberikan akses rekaman pembelajaran, menyediakan aktivitas mendengarkan, memanfaatkan alat bantu audio, dan mengadakan ujian lisan. Demikian pula, dalam memaksimalkan prestasi olahraga,penting untuk memberikan instruksi verbal, melakukan diskusi kelompok, memberikan demo verbal, merekam pertandingan untuk analisis audio, menyediakan materi audiovisual, dan menguji pemahaman dengan ujian lisan. Selain itu, untuk seni, berikan penjelasan verbal, fasilitasi diskusi kelompok, deskripsikan elemen visual secara verbal, buat materi audiovisual, dan uji pemahaman dengan ujian lisan. Sedangkan untuk kepemimpinan, berikan penjelasan verbal, lakukan diskusi kelompok, gunakan simulasi peran, lakukan analisis audio dari studi kasus, buat materi audiovisual, dan berikan umpan balik secara verbal tentang kinerja kepemimpinan peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan, Prestasi peserta didik, Gaya belajar auditori, Students, Academic achievement, Auditory learning style |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 13:08 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 13:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51822 |