Vincensius, Dinar Satria Wijaya and T., Arie Setiawan Prasida and Jasson, Prestiliano (2024) Perancangan board game sebagai media pelatihan karyawan dalam penerapan core value AKHLAK di PT Pos Indonesia (Persero). Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24 (2): 7. pp. 155-166. ISSN 2721-5695
2721-5695_24_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (894kB)
Abstract
Setiap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk PT Pos Indonesia (Persero) wajib menerapkan nilai inti budaya perusahaan yaitu AKHLAK. Kebijakan tersebut telah tertulis pada Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020. Berdasarkan nilai indeks implementasi nilai AKHLAK, PT Pos Indonesia (Persero) masih tergolong kurang sehat. Penelitian ini membahas tentang penerapan nilai-nilai dari budaya perusahaan AKHLAK yang wajib diterapkan PT Pos Indonesia (Persero). Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah dirancangnya board game sebagai media pelatihan karyawan tentang core values AKHLAK sehingga karyawan dapat lebih mudah untuk memahami penerapan dari budaya perusahaan AKHLAK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan strategi linier. Hasil yang didapatkan adalah board game “Pohon AKHLAK” dapat digunakan menjadi media untuk melatih karyawan dalam memahami core values AKHLAK dan berhasil dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pelatihan, AKHLAK, PT Pos Indonesia (Persero), Board game, Core values, Personnel training, Public enterprises |
Subjects: | Communication > Graphics Communication > Communication & Information Theory Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:11 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51803 |