Yohana, Eka Putri and T., Arie Setiawan Prasida and Jasson, Prestiliano (2024) Perancangan board game sebagai media deteksi dini gejala ADHD pada anak usia 10-12 tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24 (2): 1. pp. 81-88. ISSN 2721-5695
2721-5695_24_2_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (834kB)
Abstract
Kesehatan mental merupakan kesehatan dari seseorang yang mencakup baik segi fisik dan keadaan psikis. Namun tidak semua orang sehat keadaan psikisnya, yang dapat disebut juga dengan mental illness. Mental illness pun beraneka macam, salah satunya adalah ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Kurangnya media dalam deteksi ADHD ini menjadi masalah utamanya. Di Indonesia, media yang digunakan untuk mendeteksi ADHD hanyalah melalui kuesioner dan juga literatur. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk merancang media interaktif seperti board game untuk membantu proses deteksi ADHD pada anak dengan cara yang seru dan menyenangkan. Metode penelitian secara kuantitatif dan kualitatif atau mixed-methods serta strategi penelitian cyclic digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, anak-anak sangat menyukai tahapan tes yang sudah dikemas dalam pos yang terdapat dalam board game serta psikolog menyebutkan bahwa board game ini sudah dapat digunakan sebagai media deteksi ADHD pada anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Board game, ADHD, Deteksi, Mental health, Attention deficit hyperactivity disorder, Detection, Educational games |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 05:59 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 05:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51785 |