Pembangunan moderasi beragama berbasis potensi kedaerahan pada Provinsi Aceh

Hasanul, Fikri (2024) Pembangunan moderasi beragama berbasis potensi kedaerahan pada Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Gema Perencana, 3 (1): 8. pp. 129-148. ISSN 3047-0153

[thumbnail of 3047-0153_3_1_2023-8.pdf] Text
3047-0153_3_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)

Abstract

Policy paper ini menguraikan bahwa Provinsi Aceh mempunyai karakteristik istimewa dibanding dengan provinsi lain yang ada di Indonesia, yakni dalam hal pengaturan daerah,kehidupan sosial, dan budaya. Namun adanya keistimewaan tersebut memberikan dampak negatif pada rendahnya indeks KUB dan moderasi beragama. Dengan demikian, maka perlu dilakukan analisa untuk memecahkan persoalan tersebut. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah kualitatif dan data akan dianalisa dengan menggunakan SWOT sebagai dasar untuk menggunakan potensi sebagai sumber daya dalam pemecahan masalah. Hasil analisis mengungkapkan bahwa: 1) Tidak perlunya melakukan perubahan atas indikator indeks kerukunan umat beragama pada Provinsi Aceh jika pembangunan moderasi beragama sudah dilaksanakan dengan optimal, yakni dengan memaksimalkan peran aktoraktor kerukunan umat beragama, anggaran, dan manajerial dalam pembangunan moderasi beragama; 2) Pembangunan moderasi beragamadilakukan dengan menggunakan potensi kekuatan yang ada sebagai pendukung untuk menciptakan keharmonisan umat beragama dalam penerapan moderasi beragama. Kesimpulannya bahwa pembangunan moderasi beragama dapat dilakukan dengan mengakomodir keistimewaan dan karakteristik khusus daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Moderasi beragama, Potensi daerah, Toleransi, Indeks KUB, Religious tolerance, Moderation, Religious aspects
Subjects: Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:48
Last Modified: 21 Nov 2024 05:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51780

Actions (login required)

View Item
View Item