Membentuk kepribadian peserta didik melalui karya sastra

Istiqomah, Istiqomah (2024) Membentuk kepribadian peserta didik melalui karya sastra. Publikasi Ilmiah: Jurnal Publikasi Ilmiah, 2 (3): 3. pp. 17-24. ISSN 3031-0490

[thumbnail of 3031-0490_2_3_2024-3.pdf] Text
3031-0490_2_3_2024-3.pdf - Published Version

Download (143kB)

Abstract

Fungsi sastra perlu ditekankan dalam orientasi penciptaannya untuk membentuk karakter yang kuat bagi pembaca. Di Indonesia, kurikulum memberi kesempatan kepada murid untuk membaca dan menulis, tetapi penerapannya masih terbatas. Guru dan murid menghabiskan sebagian besar waktu dalam pembelajaran aspek-aspek dasar seperti penguasaan kosa kata dan membaca dengan struktur tertentu, sementara kegiatan apresiasi sastra dan budaya membaca jarang dilaksanakan. Maka, diperlukan upaya lebih besar untuk memperkenalkan kegiatan apresiasi sastra di kelas maupun di rumah guna meningkatkan minat dan kemampuan membaca sastra. Tujuan penelitian kepustakaan ini adalah mengetahui cara membentuk kepribadian peserta didik melalui karya sastra. Dari hasil penelitian terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membentuk kepribadian peserta didik melalui karya sastra: (1) Mendorong Membaca, (2) Diskusi dan Refleksi, (3) Analisis Karakter, (4) Menyajikan Model Perilaku, (5) Menulis dan Berakting. Dengan menggabungkan pendekatan-pendekatan ini, guru dapat menciptakan lingkungan yang merangsang pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai dan perilaku yang diinginkan dalam membentuk kepribadian peserta didik melalui karya sastra.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membentuk, Kepribadian, Karya sastra, Personality, Literature work
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:08
Last Modified: 05 Nov 2024 05:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51266

Actions (login required)

View Item
View Item