Suhas, Caryono (2024) Berbagai faktor penyebab peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Publikasi Ilmiah: Jurnal Publikasi Ilmiah, 2 (3): 1. pp. 1-8. ISSN 3031-0490
3031-0490_2_3_2024-1.pdf - Published Version
Download (140kB)
Abstract
Kemandirian dalam belajar adalah faktor penting untuk keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, dan ini juga merupakan dasar utama bagi seseorang yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan factor-faktor penyebab peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang membentuk kemandirian belajar memiliki peran krusial dalam mendukung individu untuk mengembangkan kemampuan belajar secara mandiri dan efektif. Motivasi internal, yang merupakan dorongan intrinsik untuk belajar karena keinginan dan minat pribadi, memainkan peran kunci dalam membangun kemandirian belajar dengan mendorong individu untuk mengejar tujuan mereka secara tekun. Kemampuan mengatur diri sendiri, seperti merencanakan waktu dan sumber daya dengan efisien, juga penting dalam membentuk kemandirian belajar karena memungkinkan individu untuk mandiri dalam proses pembelajaran. Kepercayaan diri dalam kemampuan belajar memberikan dorongan tambahan untuk menjadi mandiri dengan meyakinkan individu bahwa mereka dapat mengatasi tantangan pembelajaran. Sementara itu, dorongan yang kuat untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan kesadaran akan tanggung jawab pribadi dalam proses pembelajaran turut membentuk kemandirian belajar. Ini mendorong individu untuk mengambil langkah-langkah secara mandiri dan bertanggung jawab atas kemajuan pembelajaran mereka sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor penyebab, Kemandirian belajar, Peserta didik, Causal analysis, Individualized instruction, Students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:24 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51263 |