Implementasi metode fuzzy mamdani untuk menentukan tingkat keberhasilan dalam mengajar tutor bimbel X di Makassar

Dessy, Ana Laila Sari and Firdaus, Firdaus (2024) Implementasi metode fuzzy mamdani untuk menentukan tingkat keberhasilan dalam mengajar tutor bimbel X di Makassar. Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM), 6 (2): 7. pp. 201-206. ISSN 2685-1814

[thumbnail of 2685-1814_6_2_2024-7.pdf] Text
2685-1814_6_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (381kB)

Abstract

Artikel ini menyajikan metode inferensi fuzzy untuk menyelidiki dampak penilaian berbasis pengamatan terhadap Bimbel X di kota Makassar. Artikel ini mempertimbangkan alasan untuk variasi ini dan mengevaluasi bukti tentang keberhasilan dan efektivitas para tutor pada saat melakukan bimbingan belajar. Keefektifan bimbingan belajar beragam, dengan beberapa program yang dirancang dengan baik mencapai pencapaian yang besar, sedangkan survei menunjukkan dampak yang kecil. Beberapa perbedaan ini muncul dari masalah konseptualisasi dan metodologis yang lemah. Pemilihan tutor bimbel berprestasi bertujuan untuk memberikan motivasi, loyalitas, dedikasi dan profesionalisme tutor, sehingga berpengaruh positif terhadap kinerja yang baik dan menghasilkan output yang positif terhadap muridnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keberhasilan tutor dalam mengajar dengan menggunakan model sistem inferensi fuzzy Mamdani atau sering juga dikenal dengan metode Min-Max.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, Fuzzy mamdani, Keberhasilan mengajar, Logika fuzzy, Tutor, Fuzzy inference, Tutoring
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Nov 2024 14:09
Last Modified: 02 Nov 2024 14:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51183

Actions (login required)

View Item
View Item