Implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global kelas X-9 SMAN 15 Surabaya

Ayu, Ni’matus Solikah and Aini, Aini (2024) Implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global kelas X-9 SMAN 15 Surabaya. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 8. pp. 48-53. ISSN 3063-2404

[thumbnail of 3063-2404_1_1_2024-8.pdf] Text
3063-2404_1_1_2024-8.pdf - Published Version

Download (482kB)

Abstract

SMAN 15 Surabaya sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, namun hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya pada pembelajaran biologi masih perlu ditingkatkan. Variasi model yang diminati siswa dan yang sesuai karakteristik siswa perlu diterapkan supaya siswa lebih aktif dan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen pada peningkatan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan pendekatan model Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 semester genap SMAN 15 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Parameter yang diukur adalah ketuntasan belajar klasiskal (KBK) pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan tes. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif pada siklus 1 diperoleh KBK sebesar 83,33% dan pada siklus II sebesar 94,44%. Pada aspek afektif pada siklus I diperoleh KBK sebesar 90% dan pada siklus II sebesar 95,66%. Aspek psikomotor pada siklus I diperoleh KBK sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 93,29%. Dengan demikian, dapat disimpulkan implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PBL, Eksperimen, Hasil belajar siswa, Academic achievement, Problem based learning, Secondary education, Secondary school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:31
Last Modified: 31 Oct 2024 03:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51129

Actions (login required)

View Item
View Item