Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw di kelas X-7 dan X-9 SMAN 3 Jombang dengan perlakuan pendekatan teknologi yang berbeda untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar

Mochammad, Ilham (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw di kelas X-7 dan X-9 SMAN 3 Jombang dengan perlakuan pendekatan teknologi yang berbeda untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 7. pp. 37-47. ISSN 3063-2404

[thumbnail of 3063-2404_1_1_2024-7.pdf] Text
3063-2404_1_1_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

SMAN 3 Jombang merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka dengan model pembelajaran yang umum, terutama menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Hal ini menyebabkan hasil belajar dan keaktifan siswa akan stagnant dengan kedua model pembelajaran yang sering diimplementasikan. Supaya terjadi peningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, maka diadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan materi ekosistem pada dua kelas dengan perlakuan berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan teknologi yang berbeda terhadap keaktifan dan hasil belajar. Pada kelas X-9 tidak menggunakan integrasi teknologi pembelajaran sedangkan kelas X-7 menggunakan integrasi teknologi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa pada kedua kelas pada kriteria aktif dengan presentase 79,03% (X-9) dan 82,76% (X-7); keberhasilan pembelajaran guru berada pada kriteria aktif dengan presentase 78,57% pada kelas X-9 dan kriteria sangat aktif dengan presentase 89,3% pada kelas X-7; hasil belajar siswa mencapai kriteria cukup berhasil dengan presentase 74,2% pada kelas X-9 dan kriteria berhasil dengan presentase 82,76% pada kelas X-7; serta respon siswa setelah belajar dengan model pembelajaran jigsaw menunjukkan respon positif dengan presentase 83,33% pada kelas X-9 dan 95% pada kelas X-7.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Model pembelajaran, Tipe jigsaw, Learning models, Cooperative learning, Jigsaw puzzles, Academic achievement, Secondary education, Secondary school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:40
Last Modified: 31 Oct 2024 03:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51128

Actions (login required)

View Item
View Item