Penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar materi perubahan lingkungan kelas X-1 SMAN 21 Surabaya

Latifatul, Izzah and Rusdiana, Halim and Yuliani, Yuliani (2024) Penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar materi perubahan lingkungan kelas X-1 SMAN 21 Surabaya. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 6. pp. 31-36. ISSN 3063-2404

[thumbnail of 3063-2404_1_1_2024-6.pdf] Text
3063-2404_1_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-I SMAN melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan LKPD berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan pada peserta didik kelas X-1 SMA Negeri Suarabaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 peserta didik, 17 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. peneliti melakukan dua siklus pada tahun ajaran 2024/2023 pada semester genap bulan Agustus 2023. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 49% menjadi 97% setelah siklus II. dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall juga mengalami peningkatan keaktifan peserta didik yaitu sebesar 62% kategori aktif pada siklus 1 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 75% kategori sangat aktif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar, Media wordwall, Problem based learning, Academic achievement, Teaching materials, Learning models, Secondary school students, Secondary education, Wordwall
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:00
Last Modified: 01 Nov 2024 02:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51126

Actions (login required)

View Item
View Item