Muhammad, Yusuf Abdul Rochim and Pramita, Yakub dan Aini (2024) Implementasi model pembelajaran problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-12 SMAN 15 Surabaya. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 2. pp. 7-12. ISSN 3063-2404
3063-2404_1_1_2024-2.pdf - Published Version
Download (262kB)
Abstract
Keaktifan belajar peserta didik di SMAN 15 dalam proses pelaksanaan pembelajaran masih rendah sehingga hal ini juga yang mempengaruhi dan berdampak terhadap hasil belajarnya. Guru diharapkan mampu menggunakan dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan berpusat pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan dampak peningkatan terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian didesain dalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-12 SMAN 15 Surabaya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan test menggunakan instrumen observasi dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning meberikan dampak peningkatan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X-12 SMAN 15 Surabaya pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Hasil belajar, Problem based learning, Academic achievement, Learning models, Environmental degradation, Secondary school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 11:49 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 11:49 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51111 |