Jerni, Novalina Manullang (2024) Analisis peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik x-3 dengan metode pembelajaran problem based learning dan pendekatan TaRL. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 3063-2404
3063-2404_1_1_2024-1.pdf - Published Version
Download (292kB)
Abstract
Keberagaman peserta didik menuntut guru untuk mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar sesuai dengan kesiapan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada mata pelajaran biologi materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 13 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas X-3 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan post test. Praktik pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan hasil post test rata-rata sebesar 85,5882 dan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 85,29%. Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) telah memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapatkan perlakuan sesuai dengan tingkat kesiapan sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan dalam belajar serta meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketuntasan hasil belajar, Teaching at the Right level, Academic achievement, Problem based learning, Secondary school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 11:54 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 11:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51109 |