Analisis peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik x-3 dengan metode pembelajaran problem based learning dan pendekatan TaRL

Jerni, Novalina Manullang (2024) Analisis peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik x-3 dengan metode pembelajaran problem based learning dan pendekatan TaRL. Jurnal Inkredibel, 1 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 3063-2404

[thumbnail of 3063-2404_1_1_2024-1.pdf] Text
3063-2404_1_1_2024-1.pdf - Published Version

Download (292kB)

Abstract

Keberagaman peserta didik menuntut guru untuk mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar sesuai dengan kesiapan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada mata pelajaran biologi materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 13 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas X-3 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan post test. Praktik pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan hasil post test rata-rata sebesar 85,5882 dan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 85,29%. Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) telah memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapatkan perlakuan sesuai dengan tingkat kesiapan sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan dalam belajar serta meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan hasil belajar, Teaching at the Right level, Academic achievement, Problem based learning, Secondary school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 11:54
Last Modified: 30 Oct 2024 11:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51109

Actions (login required)

View Item
View Item