Kompetensi pedagogik guru pendidikan Pancasila dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar yang berpusat pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kartasura

Ambar, Ambar and Wijianto, Wijianto and Winarno, Winarno (2024) Kompetensi pedagogik guru pendidikan Pancasila dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar yang berpusat pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kartasura. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 4 (1): 1. pp. 1-11. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_4_1_2024-1.pdf] Text
2988-7968_4_1_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama: 1) Menilai kompetensi pedagogik guru Pendidikan Pancasila dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar yang berpusat pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kartasura. 2) Menganalisis faktor-faktor penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dalam melaksanakan penilaian dan hasil belajar yang berpusat pada peserta didik di SMAN Negeri 1 Kartasura. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan sumber data dari informan (guru pendidikan Pancasila), observasi proses pembelajaran dan penilaian peserta didik, serta dokumen seperti bahan ajar kelas X dan XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi data dan teknik. Analisis data mengikuti langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sesuai dengan pendekatan Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila memiliki kompetensi pedagogik yang baik namun masih terdapat kekurangan dalam pengembangan instrumen penilaian. Proses penilaian dilaksanakan dengan tahapan perumusan tujuan, pemilihan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengelolaan hasil, dan pelaporan. Faktor penghambat melibatkan kesulitan memahami karakter peserta didik, banyaknya kegiatan ekstrakurikuler peserta didik, dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar peserta, Kompetensi pedagogik, Penilaian proses, Academic achievement, Competency based teaching, Educational research
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 12:11
Last Modified: 30 Oct 2024 12:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51101

Actions (login required)

View Item
View Item