Implementasi model pembelajaran kolaboratif dalam supervisi pendidikan untuk mendorong pertumbuhan profesional guru

Rika, Yohana Sari and Herlin, Variani and Sufyarma, Marsidin and Rifma, Rifma (2023) Implementasi model pembelajaran kolaboratif dalam supervisi pendidikan untuk mendorong pertumbuhan profesional guru. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (2): 5. pp. 79-89. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_3_2_2023-5.pdf] Text
2988-7968_3_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (356kB)

Abstract

Supervisi pendidikan bertujuan untuk menuntun guru berupaya untuk meningkatkan keterampilan mereka, mendorong pembelajaran yang unggul, dan memberikan bantuan dalam menghadapi rintangan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkapkan cara bagaimana penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dalam supervisi pendidikan dapat mendorong pertumbuhan profesionalisme guru.Metode penelitian ini menggunakan analisis literatur dengan pendekatan konseptual dan teoritis. Lima jurnal menjadi referensi utama dalam penelitian ini. Proses penelitian melibatkan pemilihan topik, pencarian literatur, pengembangan ide, analisis literatur, evaluasi kritis, dan penulisan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kolaboratif dalam supervisi pendidikan dapat memperkaya profesionalisme guru. Kerjasama antara pengawas dan guru dalam merefleksikan serta memperbaiki tindakan juga memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dalam proses supervisi kolaboratif. Dengan demikian, pendekatan supervisi kolaboratif memberikan opsi yang menarik untuk meningkatkan keterampilan profesional guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kolaboratif, Professional, Guru, Educational supervision, Professional workers, Teachers
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 12:26
Last Modified: 30 Oct 2024 12:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51100

Actions (login required)

View Item
View Item