Pendidikan karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKn tema integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta

Taufik, Irfan Ahadi and Intan, Kusumawati and Heri, Kurnia (2023) Pendidikan karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKn tema integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (2): 4. pp. 68-78. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_3_2_2023-4.pdf] Text
2988-7968_3_2_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) proses pendidikan karakter nasionalisme tema integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) hasil pendidikan karakter nasionalisme tema integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pada siswa keals X di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai beriku: (1) Proses pendidikan karakter nasionalisme tema integrasi nasional pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran PPKn kelas X, selain diintegrasikan ke dalam pembelajaran pendidikan karakter juga diimplementasikan melalui pembiasaan-pembiasaan budaya sekolah. Di dalam pelajaran PPKn sendiri pendidikan karakter nasionalisme tema integrasi nasional ini diajarkan dengan menggunakan metode student center tekstual kontekstual atau seperti menggunakan metode problem solving. Sehingga siswa diharuskan dapat memecahkan permasalahan sosial yang ada tentang karakter nasionalisme dan integrasi nasional serta memberikan solusi pada masalah tersebut. (2) Hasil pendidikan karakter nasionalisme tema integrasi nasional pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta dapat dilihat dari nilai kognitif maupun nilai afektif siswa. Pada nilai afektif dapat dilihat dari keikutsertaan siswa dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah seperti upacara bendera, seleksi paskibraka, serta kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang meningkat dan menjadi indikator tercapainya karakter nasionalisme.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Nasionalisme, Pembelajaran PPKn, Character building, Nationalism, Citizenship education, Secondary school students, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 12:32
Last Modified: 30 Oct 2024 12:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51099

Actions (login required)

View Item
View Item