Penerapan metode pembelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Imogiri

Marsela, Aprita and Heri, Kurnia and Joko, Wahono (2023) Penerapan metode pembelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Imogiri. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (2): 2. pp. 48-58. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_3_2_2023-2.pdf] Text
2988-7968_3_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran PPKn dapat meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 3 Imogiri, untuk mengetahui mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 3 Imogiri dan untuk mengetahui alternatif metode pembelajaran PPKn yang dapat digunakan di SMPN 3 Imogiri untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan beragam minat dan bakat.Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn dan Perwakilan Siswa/siswi SMPN 3 Imogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerepan metode pembelajaran PPKn di SMPN 3 Imogiri terbukti dapat meningkatkan siswa/siswinya pada mata pelajaran PPKn dan cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswinya terhadap mata pelajaran PPKn serta metode pembelajaran quis, tanya jawab,power point dan diskusi untuk mata pelajaran PPKn dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswinya terhadap mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Imogiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, PPkn, Minat belajar, Citizenship education, Pancasila, Learning methods, Interest (learning)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 12:39
Last Modified: 30 Oct 2024 12:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51097

Actions (login required)

View Item
View Item