Marsela, Aprita and Heri, Kurnia and Joko, Wahono (2023) Penerapan metode pembelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Imogiri. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (2): 2. pp. 48-58. ISSN 2988-7968
2988-7968_3_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (335kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran PPKn dapat meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 3 Imogiri, untuk mengetahui mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 3 Imogiri dan untuk mengetahui alternatif metode pembelajaran PPKn yang dapat digunakan di SMPN 3 Imogiri untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan beragam minat dan bakat.Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn dan Perwakilan Siswa/siswi SMPN 3 Imogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerepan metode pembelajaran PPKn di SMPN 3 Imogiri terbukti dapat meningkatkan siswa/siswinya pada mata pelajaran PPKn dan cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswinya terhadap mata pelajaran PPKn serta metode pembelajaran quis, tanya jawab,power point dan diskusi untuk mata pelajaran PPKn dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa/siswinya terhadap mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Imogiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, PPkn, Minat belajar, Citizenship education, Pancasila, Learning methods, Interest (learning) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 12:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 12:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51097 |