Jauhari, El Madani and Heri, Kurnia (2023) Analisis implikasi perubahan kurikulum terhadap pembelajaran PPKn pada sekolah jenjang SD. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (1): 5. pp. 31-39. ISSN 2988-7968
2988-7968_3_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (376kB)
Abstract
Dalam penulisan karya ilmiah berbasis studi literatur ini diharapkan mampu mengatasi kebingungan permaslahan kebijakan kurikuum yang sering berubah merupakan kebijakan dari pemerintah dengan dalih perkembangan zaman dan teknologi sehingga kurikulum juga senantiasa harus mengalami perubaha. Kurikulum memiliki sifat dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi ataukemampuan sesuai masa kini dan masa yang akan datang. Hal yang diperlukan dalam proses pendidikan daam pembuatan kurikulum diharapakan seluruh akademisi pendidikan mampu berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengadakan sosialiasi bagi seluruh komponen masyarakat yaitu peran orang tua, masyarakat dan sekolah harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan peserta didik sebagai pengembangan Kurikulumkarena Kurikulum dirancang untuk kebutuhan peserta didik. Dalam mata pelajaran terdapat perubahan juga dari segi penamaan mata pelajaran yang semula Pendiikan Pancasila dan Kewarganegaraan berubah nama menjadi Pendidikan Pancasila, dalam isi muatan nilai-nilai pelajaran juga menambahkan profil pelajar pancasila sebagai penguatan nilai karakter, implementasi kepribadian pancasila sebagai contoh dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Dengan perubahan kurikulum tentunya dapat lebih meningkatkan pemahaman materi pembelajaran membuat suatu pandangan baru mengenai program pembelajaran yang harusnya dilakukan, lebih fleksibel, ringkas dan efisien serta mampu menjawab tantangan dalam dunia pendidikan di era perkembangan teknologi digital saat ini. Maka setiap kurikulum dalam pelaksanaannya memerlukan evaluasi di setiap tahunnya guna mengetahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Pembelajaran, Curriculum, Pancasila and citizenship education, Primary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 12:44 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 12:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51095 |