Pendidikan Islam sebagai solusi dalam menghadapi tantangan global

Ariny, Safitri and Audry, Hakimunnisa and Aldila, Riska Pramudita and Dea, Ramadillah and Farah, Ajeng Meydista and Agustyas, Putri Barnie and Naufal, Syah Putra and Feliks, Yosef (2023) Pendidikan Islam sebagai solusi dalam menghadapi tantangan global. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_3_1_2023-1.pdf] Text
2988-7968_3_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (328kB)

Abstract

Memahami pendidikan Islam dapat ditelusuri melalui keseluruhan sejarah kemunculan Islam itu sendiri. Pendidikan Islam adalah proses bimbingan kepada manusia yang mencakup jasmani dan rohani yang berdasarkan pada ajaran dan dogma agama (Islam) agar terbentuk kepribadian yang utama menurut aturan Islam dalam kehidupannya sehingga kelak memperoleh kebahagiaan di akhirat nanti. Globalisasi menyebabkan arus yang begitu cepat dan tidak dapat dibendung serta begitu banyak dan beragam arus informasi. Dan arus informasi tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap pengetahuan tetapi juga terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam. Semakin berkembangnya kebiasaan yang mengglobal dikalangan kaum muda, sehingga nilai-nilai agama semakin ditinggalkan, karena dianggap kuno dan ketinggalan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian pustaka. Pendekatan kualitatif dipilih mengingat tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai tentang Pendidikan Islam Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Global. Pendidikan Islam dalam tangga tantangan globalisasi yang dikemukakan di atas, yang dilakukan strategis dengan membenahi persoalan internal. Hal intinya harus mendesain model pendidikan yang betul-betul orisinil dari konsep dasar Islam dan sesuai dengan lingkungan sosial- budaya Indonesia. Menghadapi tantangan modernitas, pendidikan Islam harus melakukan langkah strategis dengan terlebih dahulu membangun paradigma keilmuan yang integratif. Lembaga pendidikan Islam mendesain ulang fungsinya dengan memilih model pendidikan yang relevan dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat. Pilihan yang tepat adalah mengadaptasi model pendidikan modern dalam sistem pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Solusi, Globalisasi, Islamic education, Globalization
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Oct 2024 12:48
Last Modified: 30 Oct 2024 12:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51091

Actions (login required)

View Item
View Item