Tri, Yunita Sari and Heri, Kurnia and Isrofiah, Laela Khasanah and Dina, Nurayu Ningtyas (2022) Membangun identitas lokal dalam era globalisasi untuk melestarikan budaya dan tradisi yang terancam punah. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2 (2): 4. pp. 76-84. ISSN 2988-7968
2988-7968_2_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (383kB)
Abstract
Globalisasi adalah proses di mana dunia menjadi semakin terhubung melalui pertukaran informasi, perdagangan, dan interaksi antarnegara. Dampaknya terhadap budaya dan tradisi lokal sangat signifikan. Globalisasi membawa perubahan dalam gaya hidup, preferensi konsumen, dan pengaruh budaya dari negara-negara lain. Metode penelitian yang dapat digunakan dalam artikel adalah studi literatur. Studi literatur akan melibatkan pengumpulan dan analisis secara sistematis terhadap berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dan dokumen-dokumen terkait lainnya. Penelitian ini akan fokus pada mengidentifikasi dan memahami tantangan dan konsekuensi globalisasi terhadap budaya dan tradisi lokal yang berpotensi mengancam keberlangsungan mereka. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui peningkatan pemahaman dan penghargaan terhadap budaya dan tradisi lokal melalui kurikulum pendidikan, integrasi materi budaya dan tradisi lokal dalam pembelajaran di sekolah, serta melibatkan komunitas dalam proses pendidikan untuk mewariskan nilai-nilai budaya dan tradisi, kita dapat berhasil melestarikan dan memperkuat identitas lokal dalam menghadapi tantangan globalisasi yang terus berkembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Globalisasi, Budaya, Identitas, Globalization, Cultural property preservation, Traditional culture |
Subjects: | Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:51 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51078 |