Filsafat ilmu Indonesia: kontribusi berkelanjutan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan

Alfian, Fahrurrozhi and Heri, Kurnia (2022) Filsafat ilmu Indonesia: kontribusi berkelanjutan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2 (2): 2. pp. 61-67. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_2_2_2022-2.pdf] Text
2988-7968_2_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (364kB)

Abstract

Artikel ini memberikan tinjauan singkat tentang perkembangan filsafat ilmu di Indonesia, menyoroti kontribusi unik dan orisinal para filsuf dan ilmuwan Indonesia dalam memperluas wawasan dan pemahaman tentang ilmu pengetahuan. Dengan menjembatani kesenjangan antara tradisi filsafat Barat dan konteks budaya lokal, mereka telah memperkaya teori dan metodologi filsafat ilmu serta memberikan dampak penting pada pembangunan masyarakat dan peningkatanpendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode riset deskriptif berbasis literatur dengan analisis dan kriteria tertentu. Hasilnya menunjukkan pengembangan epistemologi lokal, pemikiran kritis terhadap pengetahuan Barat, pengembangan konsep lokal, refleksi terhadap implikasi sosial dan lingkungan ilmu pengetahuan, dialog antara ilmu pengetahuan dan agama/budaya, serta kajian kritis terhadap teknologi dan inovasi. Kesimpulannya, artikel ini menekankan pentingnya hubungan yang saling melengkapi antara filsafat dan ilmu pengetahuan dalam upaya mencapai pengetahuan dan kebijaksanaan yang lebih dalam serta menjalani kehidupan yang bertanggung jawab.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Filsafat ilmu, Ilmu pengetahuan, Knowledge, Philosophy education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:04
Last Modified: 31 Oct 2024 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51071

Actions (login required)

View Item
View Item