Nasra, Nasra and Intan, Kusumawati and Paiman, Paiman (2022) Kinerja guru PPKn dalam meningkatkan nasionalisme siswa (studi kasus pelaksanaan mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bau-bau). Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2 (1): 2. pp. 11-20. ISSN 2988-7968
2988-7968_2_1_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (341kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bau-Bau, dan untuk mengetahui kreativitas guru PPKn di SMP Negeri 3 Bau-Bau dalam menerapkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, studi literatur, dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik analisis deskriptif dan analisis infarensi. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran PPKn di SMPN 3 Bau-Bau bisa dikatakan sudah maksimal dalam membekali siswa tentang penanaman nilai-nilai nasionalisme serta pemahaman kebangsaan dan tanggung jawab kewargaan seperti bagaimana menjalin interaksi yang harmonis antar sesama. Pembelajaran PPKn, juga diakui sebagai bahan ajar yang mampu memproteksi siswa dari jeratan radikalisme. Ketika saat ini ditemui banyaknya anak-anak remaja kita yang terpapar radikalisme dan rata-rata dari mereka juga masih usia sekolah. Saran sekaligus rekomendasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Diharapkan pihak SMPN 3 Bau-Bau melalui pembelajaran PPKn dapat memaksimalkan penanaman nilai-nilai Nasionalisme kepada para siswanya, (2) Diharapkan pihak SMPN 3 Bau-Bau memperluas lagi metode pembelajaran PPKn dengan pendekatan yang lebih lugas sehingga para siswanya mudah menyerap substansi pembelajaran PPKn tersebut, (3) Diharapkan Guru PPKn di SMPN 3 Bau-Bau lebih giat lagi mencari media pembelajaran yang tepat saat mengajarkan pelajaran PPKn di kelas. Sehingga memaksimalkan penanaman nilai-nilainasionalisme dalam pembelajaran PPKn di kelas, (4) Diharapkan pihak SMPN 3 Bau-Bau lebih rutin mendorong loka karya tentang wawasan kebangsaan yang melibatkan para siswanya. Sehingga harapannya wawasan kebangsaan menjadi unsur perekat dalam interaksi antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PPKn, Kinerja, Nasionalisme, Competency based teaching, Nationalism, Pancasila and citizenship education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51061 |